5 Mitos yang Paling Sering Didengar Generasi 90-an, Percaya?

Selasa, 25 September 2018 10:39 WIB

Share
5 Mitos yang Paling Sering Didengar Generasi 90-an, Percaya?


Masa kecil generasi 90an ini memang masih mirip-mirip dengan generasi di atasnya seperi 80an atau 70an. Hal ini sepertinya dipengaruhi oleh orang tua mereka yang dominan lahir pada era orde lama hingga awal orde baru. Mengingat waktu kelahiran orang tua pada tahun era itu, budaya sepertinya sangat kental dan terus diwariskan turun temurun. Namun seiring berkembangnya jaman dan masuk ke era globalisasi, budaya cenderung dilupakan perlahan seperti mitos-mitos/hal pamali ini. 

Orang tua milenial saat ini kebanyakan lebih berpegang pada nilai sosial yang diadopsi dari nilai budaya, jadi alih-alih menyampaikan mitos, mereka justru langsung menyampaikan maksudnya. Nah, buat kamu generasi 90an pasti sering banget denger mitos-mitos yang disampaikan oleh papa-mama kamu saat kamu masih kecil. Berikut ini mitos-mitos Jawa yang mungkin sering kamu dengar.

1. Duduk di pintu

"Jangan duduk di depan pintu, nanti jauh dari jodoh"

Buat kamu gen 90an yang masih jomblo, kira-kira pernah dengar mitos di atas? Kalau iya apakah kamu dulu sering duduk di depan pintu? Terlepas benar atau tidak kalau ini menjauhkan jodoh, tetapi di balik mitos ini pasti ada maksud tersendiri mengapa kalian tidak boleh duduk di depan pintu. 

Misalnya, kalian jika duduk didepan pintu pasti akan menghalangi akses keluar atau masuk kedalam rumah. Bayangkan saja, orang-orang pasti akan kesulitan, dan mengingat bahwa melangkahi orang merupakan tindakan yang kurang sopan di mata masyarakat Indonesia.

2. Jangan keluar saat magrib

"Kalau magrib segera pulang, nanti diculik kolong wewe lho!"

Mitos ini pasti sering mewarnai kehidupan bermain kalian. Saat kalian seru-seruan bermain bersama teman, kemudian mama datang dengan membawa senjata andalan seperti sapu, atau penebah untuk membuat kalian pulang dan berhenti bermain. Mama atau papa pasti sering bilang kepada kalian kalau nanti diculik kolong wewe jika saat magrib tidak di rumah.

Mitos ini bahkan sampai dijadikan kisah misteri pada suatu acara TV hingga benar-benar membuat gen 90an takut keluar rumah saat magrib. Kembali lagi, di balik benar atau tidaknya diculik hantu, orang tua pasti punya maksud tersendiri mengatakan mitos ini.

Ketika adzan magrib berkumandang, maka adab yang wajib dilakukan adalah segera bersiap untuk sholat magrib. Nah kalau kalian bermain, kalian bisa saja melewatkan ibadah sholat magrib kan? Selain itu, kalian juga harus segera pulang untuk makan malam, kemudian belajar dan beristirahat untuk aktivitas besok di sekolah kalian. Gimana masuk akal kan?

3. Nasi menangis

"Kalau makan dihabiskan, nanti nasinya nangis lho!"

Halaman
Reporter: Xrimhsak
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar