Punya Nafsu Seks Berlebih? Ini Tips Mengontrol Libido
Jumat, 15 Maret 2019 10:27 WIB
Share
Foto: Istock

Punya Nafsu Seks Berlebih? Ini Tips Mengontrol Libido

 

Jakarta - Orang yang sedang dalam perjalanan jauh untuk berbagai keperluan biasanya tidak bisa memenuhi kebutuhan seksualnya. Hasrat yang tidak tersalurkan ini bisa mengakibatkan overactive sex drive yang kurang menarik bagi pasangan. Risiko lain adalah frustasi bagi yang tidak punya partner untuk menyalurkan hasrat seks.

Memaksakan seks dengan orang lain apa pun sebabnya tidak bisa dibenarkan. Hal ini berlaku untuk pemaksaan secara fisik atau emosi. Namun dorongan seks yang tinggi tidak selalu menjadi masalah.

Berikut 7 tips mengendalikan hasrat seks dikutip dari Livestrong.

1. Konsultasi dengan dokter
Segera konsultasikan masalah hasrat seksual ini pada dokter yang terpercaya. Dalam bahasa medis, nafsu seks terlalu tinggi yang tidak biasa disebut hiperseksualitas atau nimfomania. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan gejala gangguan bipolar arau kanker adrenal yang perlu perhatian serius. Dokter biasanya merujuk pasien pada psikolog atau terapis bila dicurigai mengalami kecanduan seks.


2. Pertimbangkan alasan penurunan nafsu seks
Alasan menentukan keberhasilan, proses, dan metode yang dipilih untuk menurunkan hasrat seksual. Bila penurunan dilatari alasan religius, ada baiknya berkonsultasi dengan pendamping spiritual dalam prosesnya. Tidak perlu malu saat mengkonsultasikan hal ini, karena penurunan hasrat seks bertujuan baik. Bagi yang punya pasangan, sangat disarankan bicara terbuka terkait keinginan dan ketertarikan seksual.


3. Hindari rangsangan seksual
Segala materi yang bisa merangsang hasrat seks harus dihindari bagi yang punya overactive sex drive. Hal ini meliputi pornografi, buku tanpa sensor, objek, orang, atau situasi tertentu.


4. Olahraga 
Rajin olahraga, yoga, dan melakukan aktivitas fisik lain menjadi saran berikutnya. Tubuh yang aktif dan sibuk mencegah munculnya rasa frustasi karena tidak bisa melampiaskan hasrat seks.


5. Dilarang masturbasi
Orang dengan overactive sex drive sebaiknya jangan masturbasi. Bila hasrat terasa meningkat, sangat disarankan segera membayangkan image yang tidak punya kesan seks (nonsexual image). Tips lainnya adalah menyibukkan diri hingga hasrat seks reda.


6. Jalin hubungan non seksual
Pertimbangkan menjalin hubungan baru dengan orang tanpa hasrat seks. Hubungan yang menyenangkan bisa tetap terjalin tanpa perlu berhubungan seksual. Hubungan bisa terjalin lewat hobi baru, traveling, atau ikut kegiatan klub tertentu.


7. Hindari alkohol dan drug
Sangat disarankan menghindari drug dan alkohol. Terutama bila keduanya menurunkan kewaspadaan yang berisiko mengakibatkan munculnya penyesalan di kemudian hari. 
 

Sumber: detikom

 

 

 

 

Reporter: Xrimhsak
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler