Rencana Daihatsu Luncurkan Rocky Hybrid di 2021
Rabu, 27 Januari 2021 15:04 WIB
Share
Daihatsu Rocky. Sumber Foto: carscoops
Teras Bekasi, Jakarta -  Kabar baik  dari Asia Nikkei mengarah kepada Daihatsu yang memiliki rencana memperkenalkan versi hybrid SUV Rocky pada tahun 2021 ini. Disebut-sebut jika sistem hybrid yang digunakan merupakan sebuah kembangan milik induk perusahaan Toyota.

Diketahui, kini Daihatsu merupakan satu-satunya produsen mobil asal Jepang yang Cuma mengembangkan mobil dengan mesin bensin. Pihaknya pernah mengeluarkan mobil komersial hybrid berbasis Hijet yang dijual terbatas. Sayangnya, produski telah dihentikan pada 2010 usai meluncur pada September 2005 silam.

Lebih lanjut, Daihatsu digadang telah mengembangkan sistem hybrid dari rancangan Toyota yang salah satu fiturnya yaitu motor listrik yang mampu langsung menggerakkan roda saat mesin mati.

Teknis ini dinilai dapat menghemat biaya pengembangan dan bisa dialihkan untuk meningkatkan mesin, baterai litihium-ion, serta suku cadang lainnya. Daihatsu disebut-sebut mungkin perlu menyiapkan biaya puluhan juta dollar guna fasilitas produksi mesin dan logam.

Oleh karena itu, Rocky Hybrid akan lebih mahal beberapa ribu dollar dibanding versi bensin, tetapi konsumsi bahan bakar dinilai bisa meningkat 20-30 persen. Rocky bukan merupakan satu-satunya model hybrid dalam lingkup ini, karena diprediksikan ada kemungkinan mobil kecil lainnya mengikuti.

Sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, pengembangan Daihatsu ini akan mengikuti keinginan Jepang yang mencapai target nol emisi karbon pada 2050 mendatang. Bagian dari rencana ini Jepang ingin jika semua mobil baru telah dielektrifikasi pada 2035 nanti.

Sebagai informasi, Daihatsu merupakan penjual mobil murah dan pikap kecil untuk konsumen pinggiran yang tak terjangkau transportasi publik, sudah menjelaskan kekhawatirannya dalam menawarkan mobil hybrid yang mahal kepada basis konsumennya. Namun, saat ini Daihatsu masih terpantau fokus mengurangi bobot kendaraan guna meningkatkan konsumsi bahan bakar. (fka)

 



Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler