Seram! Data Pengguna Facebook Dijual di Telegram
Rabu, 27 Januari 2021 11:12 WIB
Share
Ilustrasi facebook. Foto: Pexels/icon0 .com

Teras Bekasi, Jakarta – Kabarnya, nomor telepon pengguna Facebook dijual oleh bot aplikasi perpesanan terenkripsi Telegram, dan membuat seram para penggunannya.

Salah satu pendiri dan CTO perusahaan keamanan siber Hudson Rock, Alon Gal menemukannya dan mengungkapkan bahwa sesorang yang melakukan bot tersebut mengatakan pihaknya memiliki informasi sejumlah 533 juta pengguna Facebook.

"Sangat mengkhawatirkan melihat database sebesar itu dijual di komunitas kejahatan dunia maya, itu sangat membahayakan privasi kami dan pasti akan digunakan untuk smishing (praktik penipuan mengirim pesan teks) dan kegiatan penipuan lainnya oleh aktor jahat," ucap Gal, dikutip dari Business Standard, Rabu (27/1/2021).

Menurut Gal, data-data tersebut telah diambil oleh bot Telegram usai Facebook sedang rentan pada 2019. Walaupun telah terbilang lama, menurutnya masih memiliki resiko atas keamanan siber dan privasi untuk mereka yang nomor teleponnya telah diambil.

Bahkan, bot itu juga menyatakan telah memegang informasi terkait para pengguna Facebook baik dari AS, Kanada, Inggris, Australia, hingga 15 negara lainnya.

Dari informasi yang didapat, nomor pengguna Facebook akan dijual seharga US$20 bahkan hingga US$5.000 untuk harga borongan, dikutip dari The Verge.

Hingga kini, baik dari pihak Facebook atau Telegram belum mengomentari kabar tersebut secara resmi. (wte)

Reporter: Terasbekasi3
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler