Telegram Jadi Terunggul Menyisihkan TikTok di Dunia sejak Januari 2021
Selasa, 9 Februari 2021 11:29 WIB
Share
Ilustrasi Telegram. Sumber Foto: Istimewa
Teras Bekasi, 

Jakarta – Pihak Perusahaan analisis SensorTower mengeluarkan data statistik mengenai aplikasi seluler paling populer di dunia pada Januari 2021. Pada kuartal belum lama ini, aplikasi Telegram menjadi yang terunggul di antara aplikasi non-game, menyisihkan aplikasi TikTok dari posisi teratas sebelumnya.

Tercatat sejak Januari 2021, Telegram sudah terunduh serta terinstal sejumlah sebanyak 63 juta kali atau 3,8 kali lebih banyak dari periode sama 2020 lalu. Sebagaimana dilansir dari laman resmi Giz China, TikTok bersanding di posisi kedua dengan 62 juta penginstalan. Signal, Facebook, dan WhatsApp menyusul di urutan lima besar pada bulan Januari 2021 lalu.

Melansir dari CNN Indonesia, kedudukan WhatsApp di peringkat kelima diduga terkait dengan skandal privasi yang belum lama ini menjadi perbincangan jagat publik. Karena, pada bulan Desember 2020, WhatsApp menempati posisi ketiga baik dalam total golongan dan peringkat individu untuk iOS dan Android dan pada bulan November 2020 memimpin dalam golongan  total untuk Android.

Di sisi lain, Signal yang sempat dipopulekan CEO Tesla Elon Musk maju secara signifikan kendati sebelumnya tak berhasil masuk 10 besar pada Desember 2020 di ketiga kategori tersebut.

Diketahui, Telegram dan Signal merupakan contoh bagaimana pengguna mengambil sikap terhadap penetapan WhatsApp untuk menerapkan kebijakan privasi baru.

Di samping itu, Telegram telah mengabarkan bila 100 juta pengguna bergabung dengan messenger pada Januari 2021 lalu. Menurut salah satu CEO Telegram, Pavel Durov membeberkan apa yang terjadi di Telegram selaku 'Migrasi digital terbesar dalam sejarah umat manusia'.

Mengutip dari Financial Express memaparkan jika Telegram merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna Android. Bahkan, aplikasi tersebut berada di urutan keempat untuk unduhan oleh pengguna iOS. Kendati begitu, Telegram meposisikan diri di puncak unduhan non-game secara keseluruhan bulan Januari 2021 lalu.

Sebelumnya, di Desember 2020 lalu, aplikasi Telegram bahkan bukan bagian dari lima aplikasi unduhan teratas. Namun, imbas dari kontroversi seputar WhatsApp mengenai kebijakan privasi yang diperbarui kemungkinan besar menjadi alasan banyak orang mengunduh dan beralih ke Telegram bulan Januari 2021 tersebut.

Alhasil, aplikasi WhatsApp yang berada di kedudukan ketiga pada Desember tahun 2020 harus rela jatuh didudukan  kelima pada Januari 2021 lalu. (fka)

 

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler