Peternak Maggot di Kota Bekasi Sukses Raih Omzet Puluhan Juta Saat Pandemi Covid-19
Rabu, 10 Februari 2021 13:07 WIB
Share
Peternak maggot di Kota Bekasi berhasil meraih omzet puluhan juta rupiah, Wakil Wali Kota Bekasi meminta membuka pelatihan ternak budi daya maggot, Rabu (10/2/2021). Sumber Foto: Istimewa
Teras Bekasi, Kota Bekasi – Seorang peternak maggot di Kota Bekasi sukses raih omzet puluhan juta dengan total 12 juta rupiah hanya dalam waktu satu bulan di saat pandemi covid-19.Peternak maggot di Kota Bekasi tersebut bernama Rahman. Ia merupakan seorang warga RT 015/004 Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pria yang berani menekuni bisnis budi daya maggot pada Agustus 2020 lalu itu mengungkapkan jika maggot dapat dijadikan bisnis atau usaha baru bagi masyarakat.


Tak hanya harganya yang murah, maggot juga mempunyai nilai ekonomis. Sejumlah 100 gram maggot bisa dijual dengan harga mulai 20 ribu rupiah hingga mencapai 30 ribu rupiah. "Alhamdulillah sekarang dalam sebulan saya sudah bisa menghasilkan Rp12 juta, itu hanya dari penjualan maggot saja, belum terhitung dari penjualan budi daya lele yang saya kelola juga," terangnya, Rabu (10/2/2021) dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, rahman menyebut bila budi daya maggot bisa menjadi solusi bisnis alternatif bagi warga yang terdampak pandemi covid-19. "Kalau saya sendiri saat ini terus terang saja semakin menekuni budi daya maggot ini, selain ternak ikan lele juga," bebernya.

Menurutnya, maggot tak hanya mempunyai manfaat mendatangkan rupiah saja. Namun, dapat mengurangi sampah organik di Kota Bekasi. "Maggot mampu mengubah material organik menjadi biomassanya. Beda dengan jenis lalat biasa karena larva yang dihasilkan bukan larva yang menjadi medium penularan penyakit," paparnya.

Imbas dari keberhasilannya tersebut, Wakil Wali Kota Bekasi yakni Tri Adhianto Tjahjono menyampaikan merasa terkesan dengan usaha yang dijalankan Rahman tersebut. Rahman pun diminta agar membuka pelatihan ternak budi daya maggot kepada masyarakat Bekasi. (fka)

 



Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler