Wah Ternyata Apple Watch Diakui Mampu Deteksi Covid-19
Sabtu, 13 Februari 2021 18:56 WIB
Share
Ilustrasi Covid-19. Sumber Foto: Shuttershock
Teras Bekasi, Jakarta - Sebuah produk jam digital bernama Apple Watch diakui mampu membantu pengguna untuk mendeteksi covid-19 sepekan sebelum gejala virus SARS-Cov-2 itu muncul di dunia. Hal itu diketahui berkat fitur pemindai jantung yang disematkan pada iWatch tersebut.


Berdasarkan dari iWatch OS 7.2 dan iOS 14.3 pengguna Apple Watch bisa menggunakan Apple Watch Cardio Fitness. Melalui fitur ini pengguna mampu memantau keadaan kesehatan secara keseluruhan, yakni detak jantung.

Lewat metrik VO2 max iWatch mampu memprediksi jumlah maksimum oksigen yang dikonsumsi tubuh setiap hari. Sebagaimana dilansir dari Tomsguide, fitur pada iWatch OS 7.2 dilengkapi dengan pengingat guna menjaga kebugaran tubuh penggunanya tetap seimbang.

Keterangan dari studi medis terbaru perangkat jam iWatch mampu mendeteksi perubahan detail detak jantung seseorang yang menunjukkan potensi terpapar virus covid-19.

Berdasarkan informasi sinyal biometrik HRV digabungkan dengan analisis seputar gejala yang dilaporkan terkait covid-19 termasuk demam, batuk kering, nyeri badan, hilangnya indra penciuman dan perasa. Lebih lanjut, peneliti menjelaskan bahwa analisis ini dapat membantu untuk mengantisipasi seseorang yang baru terpapar covid-19 dengan ciri yang ditunjukkan iWatch tersebut.

Part terpenting menurutnya hal ini mampu dijadikan monitoring jarak jauh untuk mengantisipasi atau mendeteksi kasus covid-19, tanpa melakukan pemeriksaan fisik atau melakukan tes usap hidung.

Keterangan dari Asisten Profesor Kedokteran New York Rob Hirten mengatakan pihaknya sudah tahu bahwa penanda detak jantung dapat berubah saat terjadi peradangan di dalam tubuh. "Covid-19 adalah peristiwa yang sangat meradang. Ini memungkinkan kami untuk memprediksi orang terinfeksi sebelum mereka menyadarinya." terangnya.

Diketahui, ia mengatakan bahwa Apple Watch juga mampu mengidentifikasi orang-orang yang asimtomatik untuk mengendalikan penyakit menular dengan baik. (fka)



Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler