Menikmati Pecak Ikan Mujair, Yuk Intip Resepnya

Selasa, 16 Februari 2021 17:59 WIB

Share
Menikmati Pecak Ikan Mujair, Yuk Intip Resepnya
Teras Bekasi - Di Indonesia banyak sekali spesies ikan yang aman untuk dikonsumsi manusia. Dari mulai ikan air asin, payau hingga tawar. Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket.

Sekilas, ikan mujair ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan ikan gurame. Biasanya ikan mujair diolah dengan cara dibakar atau digoreng. Sangat nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal yang pedas.

Tak hanya itu, ikan mujair tambah nikmat jika diberi bumbu-bumbu rempah seperti dimasak gulai, bumbu kuning dan lain sebagainya, sehingga rasa yang dihasilkan lebih kompleks. Jika kamu bosan dengan olahan ikan mujair yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba dengan Pecak Ikan Mujair.

Pecak sendiri adalah salah satu hidangan Jawa yang terdiri dari lauk berserta sambal. Bumbu yang dibutuhkan di antaranya cabai, bawang merah, jahe dan kencur.

Berikut ini adalah resep pecak ikan mujair yang sudah dirangkum oleh brilio.net, yuk kita intip :

Bahan:
- 3 ekor ikan mujair
- 1 jeruk nipis ambil airnya
- Garam secukupnya
- 1 sdt bubuk bawang putih
- 1 sdt lada

Sambal pecak:
- 13 bawang merah
- 7 bawang putih
- 15 cabai kriting
- 10 cabai rawit (sesuai selera)
- 2 cm kencur
- Garam dan gula secukupnya
- 150 air panas

Cara membuat:
1. Cuci bersih mujair, lumuri dengan air jeruk nipis, garam, bubuk bawang putih, dan lada bubuk. Diamkan selama 15 menit.
2. Goreng ikan mujair, sampai matang, kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
3. Sambal pecak: sangrai bawang merah, bawang putih, cabai kriting, cabai rawit, kencur. Lalu uleg kasar, tambahkan garam dan gula, koreksi rasa, tuang air panas, aduk rata.
4. Siram ikan mujair dengan sambal pecak.

Selamat mencoba dan menikmati. (tc2)



Reporter: Terasbekasi2
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar