Duh Sedih! Camilan Ringan Merek Lays, Cheetos, Hingga Doritos Tak Beredar Lagi di Indonesia
Kamis, 18 Februari 2021 19:25 WIB
Share
Ilustrasi camilan ringan Lays, Cheetos, dan Doritos. Sumber Foto: Amazon
Teras Bekasi, Jakarta – Kurun waktu dekat ini, camilan ringan merek Lays, Cheetos, hingga Doritos dipastikan tak akan beredar lagi Indonesia. Diketahui, produksi tiga merek tersebut diberhentikan mulai 18 Agustus 2020. Penetapan ini tak serta merta  lepas dari perubahan struktur kepemilikan produsen tiga merek tersebut yakni, PT Indofood Fritolay Makmur (IFL).


Saat ini, Fritolay Netherlands Holding B.V. (Fritolay), afisiliasi dari PepsiCo Inc, tak lagi punya bagian saham di IFL. Merk Lays, Cheetos, dan Doritos merupakan yang lisensinya dinaungi oleh PepsiCo Inc.

Keterangan dari Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A. Putro menyebutkan bahwa IFL pun akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo. Berakhirnya perjanjian itu berlaku usai merampungi semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk dengan merek milik PepsiCo.

Lebih lanjut, proses ini akan dilakukan dalam 6 bulan terhitung sejak tanggal dilakukannya transaksi. “Fritolay, PepsiCo, dan/atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun sejak berakhirnya masa transisi,” bunyi dari tulisan Gideon, seperti dalam keterbukakan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu (17/2/2021) dilansir dari Kompas.com.

Alhasil, produk-produk berupa merek Lays, Cheetos, dan Doritos di bawah naungan PepsiCo tak akan beredar di Indonesia selama tiga tahun mendatang.

Dalam kesempatan lain, berdasarkan keterangan resmi dari PepsiCo, pihaknya sudah menyetujui penjualan saham minoritas yang dipunyainya di IFL kepada ICBP. Hal tersebut sekaligus merampungkan hubungan kemitraan antara kedua pihak. 

"Selanjutnya IFL akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk PepsiCo di Indonesia pada bulan Agustus 2021," ungkap manajemen PepsiCo.

Tak luput, PepsiCo dan afiliasinya juga sudah sama-sama setuju guna tak memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan bahkan mendistribusikan produk makanan ringan yang bersaing dengan produk IFL di Indonesia dalam periode tiga tahun sejak Agustus 2021 mendatang. (wte)



Reporter: Terasbekasi3
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler