Beberapa Penyebab Gagal Saat Pendaftaran Kartu Prakerja 2021
Kamis, 25 Februari 2021 11:51 WIB
Share
Ilustrasi Pendaftaran Kartu Prakerja. Sumber Foto: Tribunews
Teras Bekasi, Jakarta – Pihak Pemerintah sudah resmi membuka pendaftaraan calon peserta Program Kartu Prakerja 2021. Pembukaan pendaftaran kali ini merupakan gelombang 12. Hal tersebut secara langsung dilakukan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.Namun, tak sedikit orang yang gagal mendaftar. Terdapat beberapa penyebab gagalnya seseorang saat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja 2021.

Diketahui program pendaftaraan dibuka dengan kapasitas 600 ribu orang. Airlangga menyebut program Kartu Prakerja gelombang 12 ini selama semester I tahun akan tetap menggunakan metode semi bansos.

Terkait proses pendaftaraannya, tak jarang beberapa orang menemukan kegagalan ketika mendaftarkan dirinya. Simak penyebab gagal melakukan pendaftaran kartu Prakerja 2021 menurut Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia

Proses pendaftaran mengalami pemberhentian

Beberapa orang mungki mengalami pemberhentian proses pendaftaran sebab masalah teknis, satu dan lain hal. Diakui Panji, seharusnya pendaftar bisa kembali melanjutkan dari proses yang terputus itu. Contohnya, pada saat pendaftar mengunggah foto diri lalu pertengahan proses itu, jaringan internet tiba-tiba terputus. Pendaftar dapat mengunggah ulang foto tanpa harus memulai pendaftaran dari awal lagi.

Kurangnya ketelitian dari calon pendaftar

Sejatinya, calon pendaftar bisa saja kurang adanya ketelitian. Hal tersebut dimaksudkan karena pihak penyeleksi kartu Prakerja mendapati banyak pendaftar yang salah mendata diri, alhasil dokumen yang diserahkan tak sesuai dengan input data peserta. Sebabnya, cermati kembali data yang sudah ditulis sebelum menyerahkan (submit) aplikasi tersebut. Contohnya, cermati kembali Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama di NIK supaya dapat diverifikasi.

Tak validnya alamat e-mail yang dicantumkan pendaftar

Penyebab seseorang gagal melakukan pendaftaran kartu Prakerja yang terakhir yakni tak validnya alamat e-mail yang dicantumkan pendaftar. Karena, konfirmasi akan dikirimkan ke alamat e-mail yang didaftarkan tersebut.

Demikian penyebab gagal melakukan pendaftaran kartu Prakerja yang biasanya dilakukan oleh calon pendaftar. Jika ingin mendaftar diri, cermati kembali data diri yang dimasukkan agar berhasil lolos melakukan pendaftarannya. (fka)

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler