Resmi! Presiden Jokowi Cabut Perpres Investasi Miras
Selasa, 2 Maret 2021 15:03 WIB
Share
Presiden Jokowi cabut Perpres izin investasi miras. Foto: Tangkapan Layar YouTube

Teras Bekasi – Presiden Joko Widodo kini mencabut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, soal izin investasi industri minuman keras (miras) atau beralkohol.

Perpres tersebut tercatat pada 2 Februari 2021, sebagai peraturan turunan UU Cipta Kerja, yang tak mengatur secara khusus terkait miras, namun soal penanaman modal.

Hal tersebut Jokowi putuskan, usai mendengar berbagai masukan dari beberapa kelompok masyarakat.

"Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama, MUI, NU, Muhammadiyah, dan organisasi masyarakat (ormas) serta tokoh-tokoh agama yang lain saya sampaikan lampiran perpres pembukaan investasi baru industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut," tutur Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (2/3/2021).

Disamping itu, terdapat pengecualian dalam ketentuan tersebut, yakni pada lampiran III Perpres No. 10/2021 investasi hanya dapat dilakukan di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua, dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat.

Selain itu, untuk industri di luar provinsi yang telah disebutkan diatas, harus memperoleh ketetapan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melalui usulan gubernur. (wte)

Reporter: Terasbekasi3
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler