Jadi Rp30 Ribu, Tarif GeNose di Stasiun Naik Mulai 20 Maret
Kamis, 18 Maret 2021 19:06 WIB
Share
Jadi Rp30 Ribu, Tarif GeNose di Stasiun Naik Mulai 20 Maret. Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa

Teras Bekasi – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan jika tarif pemeriksaan tes GeNose C19 di stasiun akan mengalami kenaikan tarif dari yang semula Rp20 ribu akan menjadi Rp30 ribu mulai Sabtu (20/3/2021) mendatang.

Tes genose C19 yang menjadi syarat wajib sebelum melakukan berpergian dengan transportasi Kereta Api (KA) jarak jauh, kini juga telah menambah jumlah stasiun penyedia layanan tes GeNose hingga sembilan stasiun.

Enam diantaranya adalah kerja sama KAI dan Farmalab, yang merupakan anak perusahaan PT Indofarma Tbk, yakni di Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan. Sementara tiga lainnya, KAI bekerja sama dengan PT Rajawali Nusindo, yaitu di Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

Penambahan penyedia layanan pemeriksaan GeNose C19 ini menjadikan total stasiun yang menerapkan kini menjadi 23 stasiun, usai sebelumnya juga telah diterapkan di 14 stasiun.

Adapun sejumlah stasiun yang telap menerapkan pemeriksaan GeNose C19, yaitu di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

Untuk meningkatkan pelayanan, pemeriksaan tes GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengan sistem tiket KAI. Sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 milik pelanggan secara otomatis akan diterima di layar boarding petugas. Namun, fitur tersebut hingga kini masih dalam tahap finalisasi.

Dalam melakukan pemeriksaan Covid-19 melalui GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang telah lunas, dan diwajibkan untuk tidak boleh makan, minum (kecuali air putih), dan merokok selama 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan.

"Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutus penyebaran

Reporter: Terasbekasi3
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler