Mengenal Malam Nisfu Sya'ban Serta Keistimewaannya
Minggu, 28 Maret 2021 14:49 WIB
Share
Mengenal Malam Nisfu Sya'ban Serta Keistimewaannya (Foto : Istimewa)
Teras Bekasi - Malam Nisfu Sya’ban akan segera datang bagi umat muslim di Indonesia. Peringatan tersebut jatuh pada malam ke-15 bulan Sya’ban. Di tahun masehi 2021 ini Malam Nisfu Sya’ban akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Maret 2021 malam.


Malam Nisfu Sya’ban ini sangat ditunggu bagi umat muslim karena terdapat banyak keistimewaan pada malam tersebut.

Sebelum kita mengetahui keistemawaan tersebut, kita perlu mengenal serta memahami  dulu apa yang dimaksud dengan malam Nisfu Sya’ban.

Malam nisfu syaban disebut sebagai puncak dari bulan syaban yang penuh dengan rahmat dan kebaikan dari Allah. Bukan cuman hal tersebut tetapi,  malam nisfu syaban merupakan malam istimewa pada bulan syaban yang bisa memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memohon ampunan dan mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu yang mengatakan bahwa:

 “Allah mendatangi semua makhlukNya dan memberikan ampunan kepada mereka atas segala dosa kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang saling bermusuhan” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

Dari hadist tersebut, dapat kita pahami bahwa malam nisfu syaban merupakan malam istimewa yang bisa dimanfaatkan umat muslim untuk memperbanyak amalan baik dan memohon ampun kepada Allah.

Hal ini juga menjadi kesempatan umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan iman Islam yang lebih tinggi.

Setelah kita mengenal dan memahami malam nisfu sya’ban, ada sesuatu yang kita bisa dapatkan dengan penuh keistimewaan pada malam tersebut. Hal itu adalah Allah menjanjikan ampunan yang seluas-luasnya dan pahala yang sebanyak-banyaknya bagi umat muslim yang mengerjakan amalan baik.

Dalam hadist riwayat Aisyah r.a yaitu sebagai berikut :

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi2
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler