Vaksinasi Covid-19 Tetap Dilakukan Selama Bulan Ramadhan
Senin, 5 April 2021 11:20 WIB
Share
dr Siti Nadia Tarmizi MEpid ungkap vaksinasi Covid-19 tetap dilakukan selama Bulan Ramadhan. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris

Teras Bekasi – Selama Bulan Ramadhan, vaksinasi Covid-19 akan tetap dilakukan selama menjalankan ibadah puasa.

"Demi mencegah penularan Covid-19, maka vaksinasi yang akan dilakukan pada Bulan Ramadan,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi MEpid, Minggu (5/4/2021).

“Nantinya akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa,” lanjut Nadia.

Dalam hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 13/2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa, dan menyatakan jika vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuskular (suntik) tidak membatalkan puasa, sepanjang tidak menyebabkan bahaya.

Nadia mengungkap cakupan dosis pertama di Indonesia kini telah mencapai 21,33 persen dari target 40 juta sasaran pada vaksinasi tahap satu hingga tahap kedua.

Selain itu, sekitar delapan juta orang kini juga tercatat telah mendapatkan vaksinasi dan menjadi angka yang lebih baik dibandingkan negara lain di kawasan Eropa.

WHO menyebutkan jika cakupan di sejumlah negara di kawasan Eropa tercatat kurang dari 10 persen. (wte)

Reporter: Terasbekasi3
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler