UMSK 2021 Tak Kunjung Ditetapkan, Massa Buruh Geruduk Pemkab Bekasi Minta Segera Keluarkan Rekomendasi
Selasa, 13 April 2021 06:11 WIB
Share
Massa buruh menggeruduk Kompleks Pemkab Bekasi minta rekomendasi UMSK 2021 segera ditetapkan. Sumber Foto: Pojok Bekasi
Teras Bekasi - Sampai saat ini, rekomendasi upah minimum sektoral (UMSK) 2021 masih belum juga ditetapkan oleh Pemkab Bekasi.

Hal tersebut memicu massa buruh di Kabupaten Bekasi kembali menggeruduk Kompleks Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Senin (12/4/2021). Massa FSPMI yang berjumlah ratusan itu meminta Pemkab Bekasi segera mengeluarkan rekomendasi UMSK  2021.

Dalam kesempatan yang sama mereka juga menyuarakan tentang penolakan terhadap praktik pembayaran THR secara bertahap atau dicicil.

“Untuk upah di atas upah minimum sudah sepakat. Cuma masih cari formula tentang nama dan dalil-dalilnya. Apakah jadi upah sektoral atau berganti nama menjadi upah minimum kelompok usaha,” ungkap Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Bekasi, Sarino dikutip dari Pojok Bekasi.

Pemkab Bekasi, menurutnya, bakal memanggil dewan pengupahan Kabupaten Bekasi. Usai pertemuan dengan akademisi, muncul penggantian untuk istilah UMSK.

“Pemikiran saya, kalau jadi upah minimum kelompok, akan kembali seperti awal UMSK dulu,” tegasnya.

Mengacu pada PP 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, dewan pengupahan bisa membuat sistem upah.

“Dalam UU turunan Cipta Kerja, diatur dalam Pasal 191 huruf A, (upah minimum) yang pertama kali diundang-undangkan masih pakai peraturan undang-undang yang lama,” papar Sarino.

Diketahui, Pasal 191A huruf b UU Ketenagakerjaan menyatakan: Bagi perusahaan yang telah memberikan upah lebih tinggi dari upah minimum yang ditetapkan sebelum Undang-Undang ini, pengusaha dilarang mengurangi atau menurunkan upah. (fka)



Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler