Tahun Ini Disnaker Kota Bekasi Bolehkan Perusahaan Cicil THR Buruh, Diberikan Full Tapi Bertahap
Senin, 19 April 2021 12:30 WIB
Share
Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi. Sumber Foto: bekasikota.go.id
Teras Bekasi - Pada bulan Ramadhan kali ini, pandemi covid-19 masih menyelimuti Indonesia kendati kegiatan telah kembali normal secara berangsur-angsur.Di tahun 2021 ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti, memperbolehkan perusahaan di Kota Bekasi mencicil THR.


Diakui Ika, kondisi pandemi covid-19 yang juga belum mereda, ditambah dampak ekonomi yang belum pulih mengharuskan ia memperbolehkan perusahaan mencicil THR.

“Diberikan secara full, tetapi tetapi proses pemberiannya bisa dilakukan secara bertahap,” ungkap Ika mengkonfirmasi, Minggu (18/4/2021) dikutip dari Pojok Bekasi.

Menurutnya, perusahaan wajib membuat kesepakatan dengan buruh perihal pemberian THR 2021 tersebut.

Ika mengimbau, jangan sampai kondisi keuangan perusahaan yang memburuk justru malah berdampak pada pengurangan karyawan.

“Karena kondisi Covid-19 takutnya perusahaan enggak mampu, asalkan tetap ada kesepakatan dengan pekerja,” tegasnya.

Ia menambahkan bahwa, pada THR 2020 yang merupakan tahun pertama pandemi Covid-19 terjadi, beberapa perusahaan ada yang memberikan THR secara bertahap sampai Desember tahun lalu.

“Semua sudah dibayarkan kalau yang tahun lalu (2020), metodenya sama dengan bertahap ada yang sampai Desember baru diberikan (THR), tapi tahun lalu sudah selesai semua,” terang Ika.

Mengacu dari surat edaran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) tentang pelaksanaan pemberian THR Keagamaan Tahun 2021, kepala daerah Gubernur dan Bupati/Wali kota turun tangan dalam membantu memberikan solusi.

Pada hal tersebut, bila perusahaan yang masih terdampak krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 sehingga tak mampu membayar THR sesuai waktu yang ditentukan. Maka kepala daerah diimbau supaya turut membantu merumuskan solusi diantaranya, mengharuskan pengusaha untuk berdialog dengan buruh guna mencapai kesepakatan.

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler