Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Memberikan Izin Kepada Perusahaan Untuk Pemberian THR Secara Bertahap
Rabu, 21 April 2021 16:14 WIB
Share
Ilustrasi (Foto : Istimewa)
Teras Bekasi - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi memberikan izin kepada perusahaan untuk pemberian tunjangan hari raya (THR) secara bertahap.

Pembayaran secara dicicil dapat dilakukan jika kondisi perusahaan tidak memungkinkan membayar penuh THR kepada pekerja dengan syarat harus ada dialog antara perusahaan dan pekerja.

“Bila ada perusahaan yang misalnya ada keberatan gitu diperbolehkan tidak beri full, tidak masalah sepanjang ada dialog atau kata sepakat antara pekerja dengan perusahaan, dan pemberian THR secara bertahap boleh dilakukan oleh perusahan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti, ketika dikonfirmasi, Rabu (21/4/2021).

Dengan demikian, Ika memastikan perusahaan harus memberikan hak kepada karyawan mereka. Hanya saja, kondisinya memang terkendala ekonomi yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Kalau tidak memberikan tidak ada, pastinya memberikan. Cuma mungkin bila tidak diberikan secara full gitu. Artinya karena Covid-19,” ucapnya.

Untuk itu, kata dia, perusahaan harus membuat kesepakatan dengan buruh perihal pemberian THR tersebut. Sehingga jangan sampai kondisi keuangan perusahaan yang memburuk justru malah berdampak pada pengurangan karyawan.

"Karena kondisi Covid-19 takutnya perusahaan enggak mampu, asalkan tetap ada kesepakatan dengan pekerja," kata dia.

Ika menjelaskan, pada THR tahun lalu yang merupakan tahun pertama pandemi Covid-19 terjadi, sejumlah perusahaan ada yang memberikan THR secara bertahap hingga Desember tahun lalu.

"Semua sudah dibayarkan kalau yang tahun lalu (2020), metodenya sama dengan bertahap ada yang sampai Desember baru diberikan (THR), tapi tahun lalu sudah selesai semua," ujarnya.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) tentang pelaksanaan pemberian THR Keagamaan Tahun 2021, kepala daerah Gubernur dan Bupati atau Wali kota turun tangan dalam membantu memberikan solusi.

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi2
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler