Jajaran Pondok Pesantren Tersohor Se-Bekasi, Tak Kalah dengan Zaman
Jumat, 23 April 2021 15:42 WIB
Share
Ilustrasi Pesantren. Sumber Foto: Dok. Pesantren Sabilil Mutaqqin

Ilustrasi Pondok Pesantren At Taqwa. Sumber Foto: attaqwaputri

Pondok Pesantren At Taqwa dapat dikatakan sebagai ponpes sesepuh di Bekasi. Dibangun oleh KH. Noer Ali, tokoh perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajahan, ponpes ini berkembang pesat di atas tanah seluas sekitar 24 hektar.

Terdapat satu identitas pesantren At Taqwa yang tak banyak dimiliki pesantren lain, yakni usaha membangun desa dengan nuansa Islam, alhasil diharapkan menjadi desa syurga. Maka terdapat bauran kental antara masyarakat dan pesantren. Nafas Islam terasa sampai di pelosok desa.

Hal positif lain dari pesantren At Taqwa ini yakni terpisahnya pesantren putra dengan putri sejauh sekitar 700 meter, hampir satu kilo. Untuk wilayah kota hal ini telah termasuk ideal. Alhasil putra putri tak bercampur.

Kemudian, pendidikan di pesantren ini sangat lengkap. Mulai dari TK, MI, sampai SMK dan Perguruan Tinggi dimiliki oleh ponpes ini. Sehingga siapa saja yang masuk di pesantren mendapatkan tempat pendidikan yang bai.

Pondok Pesantren Modern Al Hassan

Ilustrasi Pondok Pesantren Modern Al Hassan. Sumber Foto: Facebook

Ponpes ini terkenal dengan sebutan pesantren Modern di Bekasi. Namanya Al Hassan, didirikan belum terlalu lama yakni, di tahun 2005. Meski demikian, ponpes  ini terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pesantren yang cukup tersohor di Bekasi.

Dikelola oleh KH. Satori Ismail yang merupakan seorang alumni Gontor, maka pesantren ini mempunyai identitas yang banyak diadopsi dari pesantren di Jawa Timur tersebut. Salah satunya yakni kurikulumnya. Tak luput, kurikulum tersebut turut digabungkan dengan kurikulum dari Kemenag.

Tak hanya itu saja, pondok pesantren Al Hassan juga fokus dalam pendidikan bahasa Arab. Alhasil seluruh santrinya mempunyai kewajiban guna mampu berbahasa Arab baik pasif ataupun aktif. Sebab, banyak pelajaran menggunakan bahasa Arab.

Halaman
1 2 3 4 5
Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terpopuler