Malam Nuzulul Qur’an Pada Ramadhan 1442 H Jatuh 3 Hari Lagi, Bagaimana Memperingatinya di Tengah Pandemi?
Senin, 26 April 2021 17:00 WIB
Share
Ilustrasi Malam Nuzulul Qur'an. Sumber Foto: Getty Images
Teras Bekasi - Ramadhan di tahun 2021 kali ini sudah memasuki pertengahan bulan. Tepat pada hari ini, Senin (26/4/2021), merupakan hari ke-14 Ramadhan 2021 atau Ramadhan 1442 Hijriah yang mengartikan kita telah menjalankan ibadah puasa selama 14 hari.


Seperti diketahui, awal Ramadhan 2021 ini jatuh pada Selasa (13/4/2021) lalu. Tak hanya penuh berkah dan ampunan, bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang istimewa sebab menjadi waktu terjadinya Lailatul Qadar. Apa sih Lailatul Qadar itu?

Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan bagi umat islam. Bulan Ramadhan pun diperingati sebagai turunnya Al Qur’an. Umat islam memperingatinya dengan momentum Nuzulul Qur’an. Dalam malam ini pun umat islam memanjatkan doa malam Nuzulul Qur’an sebagai amalan yang sering dilakukan.

Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Al Quran (kitab suci agama Islam) merupakan istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Quran secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia (bumi).

Lantas kapankah kita bisa mengamalkan doa malam Nuzulul Qur’an tersebut? Nuzulul Qur’an  merupakan malam diturunkannya Al Qur’an secara pertama kali. Momentum tersebut jatuh pada hari ke-17 Ramadhan. Itu menandakan bahwa tiga hari lagi akan diperingati momen itu.

Diketahui, pada 2021 ini, malam Nuzulul Quran atau 17 Ramadhan 1442 H jatuh tepat tanggal 29 April 2021 mendatang. Tak hanya doa, ada pula amalan yang dapat  dilakukan ketika malam Nuzulul Quran.

Mengutip dari Tribun Jogja dalam artikel "Amalan Dan Doa Malam Nuzulul Quran  yang Jatuh Pada 17 Ramadhan 1441 Hijriah", disebutkan bahwa Allah SWT berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya:

"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al-Qadr 1-5)

Halaman
1 2 3 4 5 6
Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler