Jadwal Pelayanan SIM Keliling Kota Bekasi Hari Ini
Rabu, 28 April 2021 07:34 WIB
Share
Ilustrasi Pelayanan SIM Keliling (Foto: Twitter @PoladaTMC)
Teras Bekasi - Mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) tentu merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap pengendara mobil maupun motor.


Sesuai dengan ketentuan, masa berlaku SIM adalah 5 tahun terhitung sejak SIM dicetak.

Jika telat sehari saja untuk memperpanjang SIM, maka pengemudi harus melakukan pembuatan SIM ulang dengan prosesnya yang begitu panjang dan bisa memakan waktu berhari-hari jika tidak lolos di salah satu tahapan seleksinya.

Dengan adanya pandemic Covid-19 tersebut tidak menutup pelayanan barbagai satpas kepolisian. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh polisi saat ini untuk memperpanjang SIM adalah fasilitas SIM keliling.

Oleh karena itu khusus warga Kota Bekasi yang ingin memperpanjang SIM hari ini (1/4/2021) bisa langsung datang ke lokasi Metropolitan Mall Bekasi, Jl. KH. Noer Ali, Kota Bekasi. Jadwal dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB. dilansir dari Twitter Polres Metro Bekasi Kota.

Perlu diketahui, biaya perpanjangan SIM A sebesar  Rp.80.000, sedangkan SIM C sebesar Rp.75.000. kemudian jangan lupa menyiapkan dana tambahan untuk biaya lainnya yakni cek kesehatan dan asuransi.

Sebelum berangkat pastikan jangan sampai lupa untuk membawa persyaratannya diantaranya adalah :

  1. Membawa fotocopy E-KTP domisili.
  2. Membawa SIM lama yang asli.
  3. Dimohon untuk memperpanjang SIM maximal 1 pekan sebelum masanya habis.
  4. Membawa pulen atau bolpoin.

Untuk diketahui bersama bahwa pelayanan SIM Keliling hanya berlaku untuk memperpanjang SIM A dan SIM C saja. Tidak dapat melayani pembuatan SIM baru.

Sebagai informasi, Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan Polri kepada seseorang yang sudah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahammi peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraaan bermotor.

Pada Pasal 18 (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor di wilayah wajib memiliki SIM. (tc2)

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi2
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler