Lima Fakta Bekasi, Salah Satu Wilayah yang Unik di Indonesia
Rabu, 28 April 2021 14:45 WIB
Share
Ilustrasi Bekasi. Sumber Foto: Grandkamala.com
Teras Bekasi - Jika mendengar kata Bekasi, apa yang pertama kali terpikirkan di benakmu tentang wilayah tersebut? Ya, tak sedikit yang berpikiran bahwa Bekasi itu macet, panas, jauh, dan banyak jalanan yang rusak.

Kilas balik tahun 2014 lalu, banyak sekali meme berterbangan di media sosial mengenai Bekasi yang menyudutkan bahwa Bekasi merupakan planet di luar Bumi, dekat dengan matahari yang menyebabkan panas, sangat jauh hingga kemacetan yang terbilang parah. Hingga kini, tak dapat dipungkiri bahwa bercandaan tersebut masih melekat kuat dibenak masyarakat khususnya luar Bekasi.

Eits, untuk warga Bekasi tak perlu minder dengan ejekan tersebut. Karena nyatanya Bekasi memiliki fakta-fakta yang menjadikan wilayah ini termasuk salah satu wilayah yang unik di Indonesia lho.

Lantas apa saja fakta-faktanya? Yuk simak lima fakta Bekasi yang menjadi salah satu wilayah unik di Indonesia sebagaimana dilansir dari laman Mojok.co.

Pertama,  hanya di Bekasi wilayah yang bahasa daerahnya penuh dengan campuran yakni ada Melayu, Betawi, Sunda, Banten, bahkan Cirebon

Pada wilayah Bekasi memang di beberapa tempat atau di desa penggunaan bahasanya ada juga yang memakai bahasa Sunda, namun bahasa Sundanya dapat dibilang kasar tiak seperti bahasa Sunda Priangan (Bandung, Sumedang, Cianjur, Garut dan Suka Bumi) yang lemah-lembut dan ada undak-unduk bahasanya (semacam tata krama berbicara).

Kalau bahasa Sunda di Bekasi tak memakai undak-unduk bahasa, langsung saja ceplas-ceplos. Begitupun di beberapa di desa lainnya masing-masing ada yang memakai bahasa, Betawi, Melayu, Banten dan Cirebon dan secara tak langsung bahasa itu bercampur dan membentuk bahasa berciri khas Betawi Bekasi kaya gini misalnya “Etdahhh ora kaga ada duit ini kita” atau “ora danta lu”.

Kedua, Bekasi adalah daerah tujuan urbanisasi dan daerah penyangga DKI Jakarta yang menyebabkan kebudayaan dan bahasanya pun menjadi unik

Misal jika ada orang yang tengah malangsungkan pernikahan atau khitanan hiburannya tak jauh-jauh menyelenggarakan Wayang Golek, Jaipong dan Tari Topeng Betawi, bahkan kalau yang nikahannya juragan beras di desa, kesenian hiburan semacam itu bisa-bisa disewa tujuh hari-tujuh malam buat menghibur tamu undangan dan masyarakat. Wah keren yah orang Bekasi?

Ketiga, warga Bekasi ternyata sampai kini masih melestarikan hiburan masyarakat yang namanya layar tancap

Halaman
1 2
Reporter: Terasbekasi1
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler