Wakil Wali Kota Bekasi Meninjau Uji Coba Mesin Penjernih Air Karya Anak Bangsa
Rabu, 28 April 2021 15:52 WIB
Share
Wakil Wali Kota Bekasi Meninjau Uji Coba Mesin Penjernih Air Karya Anak Bangsa. (Foto : instagram @mastriadhianto)
Teras Bekasi - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meninjau uji coba mesin penjernih air di Polder Air Aren Jaya, Bekasi Timur pada Selasa (27/04/2021). Mesin tersebut dapat mengolah beberapa jenis air menjadi air layak pakai.

Mesin penjernih air ini merupakan mesin buatan karya anak bangsa, Andrich Tech, dan dinamakan mobile water treatment midsize truck yang dapat mengolah sebagian jenis air seperti air payau atau air laut menjadi air bersih layak pakai untuk beberapa keperluan seperti mandi dan air minum.

Teknisi mesin penjernih air ini, Rian, mengatakan bahwa PH air dapat diatur sesuai kebutuhan. Untuk air bersih PH air dapat diatur hingga memiliki PH 4 sampai 6,5 sedangkan untuk keperluan konsumsi air minum dapat diatur menjadi PH 7 sampai 10.

“Jadi kalo PH bisa kita seting sesuai kebutuhan, jika kebutuhannya hanya air bersih, air tersebut kita olah sampai memiliki PH 4 sampai dengan 6,5. Jika kebutuhannya untuk konsumsi, air tersebut bisa kita olah sampai air tersebut memiliki PH 7 sampai 10,” ujar Rian teknisi mesin penjernih air

Cara kerja mesin penjernih ini adalah, air dari badan pompa akan masuk ke dalam sistem dan mengalami koaguliasi, lalu teknologi yang telah dipatenkan bernama teknologi lambda akan memisahkan seluruh partikel pengotor air menggunakan getaran, kemudian air akan masuk ke dalam filter yang bisa memastikan kebersihan dan keamanan air.

Untuk air konsumsi akan dilakukan penyinaran dengan dengan sinar UV untuk mematikan bakteri yang masih tersisa agar aman untuk dikonsumsi.

Setelah melakukan peninjauan langsung, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto akan berusaha memperbanyak mesin penjernih air ini agar dapat digunakan masyarakat Kota Bekasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Ini sangat potensial untuk dimiliki Pemerintahan, disaat warga masyarakat kekurangan air bersih, mesin tersebut bisa kita manfaatkan untuk memproduksi air bersih, yang kemudian didistribusikan ke warga masyarakat,” kata Tri Adhianto pria yang akrab dipanggil Mas Tri.

Dalam laman Instagram pribadi miliknya, @mastriadhianto ia mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah Kota Bekasi akan segera merealisasikan mesin ini. Mesin penjernih air akan tersebar di beberapa titik se-Kota Bekasi agar seluruh warga tidak kesulitan mendapat air bersih saat adanya perbaikan pipa PDAM. (sinarkabar.com/tc2)



Reporter: Terasbekasi2
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler