Samsung Bergabung Bersama Xiaomi, Oppo dan Vivo Dalam Mutual Transfer Alliance 

Sabtu, 19 Juni 2021 11:37 WIB

Share
Samsung Bergabung Bersama Xiaomi, Oppo dan Vivo Dalam Mutual Transfer Alliance 
Samsung Bergabung Bersama Dengan Xiaomi, Oppo dan Vivo Dalam Mutual Transfer Alliance (GettyImage)

Teras Bekasi – Kabar bergabungnya Samsung ke  MTA adalah sebuah kabar besar yang mengejutkan pasar teknologi dan sebuah pukulan untuk Google.

Beberapa tahun yang lalu Xiaomi, Oppo dan vivo bersama-sama menciptakan Mutual Transfer Alliance (MTA), sebuah cara standar untuk mentransfer file antar perangkat (ponsel dan komputer) secara lokal melalui koneksi nirkabel 20 MB/s.

Setelah beberapa bulan dilakukan pengujian beta, fitur tersebut akhirnya resmi diluncurkan secara resmi pada Februari 2020 kemarin.

Sejak saat itu banyak perusahaan lain ikut bergabung dengan Aliansi tersebut. Selain trio asli, OnePlus, Meizu, ZTE, Black Shark, dan HiSense ada di dalamnya, begitu pula Asus dan merek gamenya Republic of Gamers.

Tapi kabar bergabungnya Samsung adalah sebuah kabar yang cukup mengejutkan. Karena yang pertama, Samsung adalah salah satu pembuat smartphone terbesar di dunia, dan sering memegang posisi #1.

Kedua, ia sudah memiliki fitur transfer nirkabelnya sendiri, “Quick Share”, yang mereka luncurkan pada tahun 2020 sebagai pengganti Android Beam yang sudah tidak digunakan lagi (dan sebagai alternatif dari Nearby Share baru Google). Samsung bahkan merilis aplikasi Windows 10 awal tahun ini.

Ini tidak berarti Quick Share akan hilang, ingatlah. Kemungkinan besar perangkat Galaxy (dan aplikasi Windows) akan diperbarui untuk juga mendukung sistem MTA. Perusahaan belum mengumumkan kapan pastinya akan meluncurkan pembaruan semacam itu.

Tak ayal, kabar ini merupakan pukulan besar bagi Google, yang baru-baru ini mengumumkan rencana mereka untuk menambahkan “Nearby Share”  ke ChromeOS dan mungkin tiba di perangkat Windows 10 melalui browser Chrome. (AR)

Reporter: Terasbekasi1
Editor: Terasbekasi1
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar