RESMI! UEFA Hapuskan Sistem Gol Tandang Di Kompetisi Liga Champions Dan Liga Eropa

Jumat, 25 Juni 2021 14:29 WIB

Share
RESMI! UEFA Hapuskan Sistem Gol Tandang Di Kompetisi Liga Champions Dan Liga Eropa
UEFA Champions League (UEFA.com)

Teras Bekasi – Aturan gol tandang sudah digunakan di kompetisi Eropa sejak musim 1965/66, namun belakangan menuai banyak kecaman terutama dengan adanya sejumlah pertandingan yang harus digelar di tempat netral akibat pembatasan perjalanan di tengah wabah COVID-19.

UEFA telah mengonfirmasi bahwa aturan gol tandang akan dihapuskan dari kompetisi Eropa, dengan perubahan aturan tersebut mulai diterapkan pada awal musim 2021/22.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin menjelaskan bahwa aturan gol tandang sekarang bertentangan dengan tujuan awalnya dan menyatakan keyakinannya bahwa regulasi itu membuat tim-tim cenderung bermain negatif bukannya menyerang.

Sebuah pernyataan UEFA berbunyi: "Mengikuti rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepakbola Wanita UEFA, Komite Eksekutif UEFA hari ini telah menyetujui proposal untuk menghapus apa yang disebut aturan gol tandang dari semua kompetisi klub UEFA (pria , wanita dan usia muda) pada fase kualifikasi kompetisi 2021/22."

"Aturan gol tandang diterapkan untuk menentukan pemenang pertandingan sistem gugur dua leg dalam kasus di mana kedua tim telah mencetak jumlah gol yang sama secara agregat dalam dua pertemuan."

Dengan tidak adanya lagi aturan gol tandang, maka kini tim yang lolos di fase gugur apabila memiliki agregat skor imbang akan ditentukan melalui babak perpanjangan waktu 30 menit yang dimainkan di akhir leg kedua, jika masih imbang maka pertandingan diteruskan ke babak adu penalti.

Aturan gol tandang telah digunakan selama lebih dari setengah abad, namun kini tidak akan lagi dipakai sebagai penentuan pertandingan fase gugur di kompetisi klub UEFA, termasuk Liga Champions dan Liga Europa. (AR)

Reporter: Terasbekasi1
Editor: Terasbekasi1
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar