Bandung Berkabung, Wali Kota Bandung Meninggal Saat Mau Menjadi Khotib

Jumat, 10 Desember 2021 16:22 WIB

Share
Bandung Berkabung, Wali Kota Bandung Meninggal Saat Mau Menjadi Khotib
Wali Kota Bandung, Oded M Danial Meninggal dunia saat hendak menjadi Khotib shalat Jum'at (Foto: Pemkot Bandung)

Teras Bekasi - Sejumlah tokoh agama hingga budayawan turut merasakan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Oded (panggilan akrab Wali Kota Bandung), meninggal dunia pada Jum'at (10/12/2021) saat salat sunnah sebelum salat Jumat Masjid Raya Mujahidin Jalan Sancang Kota Bandung. Sedianya Oded akan menjadi khotib salat Jum'at.

Usai pingsan, Oded langsung dilarikan ke RS Muhammadiyah, Kota Bandung.

Meski sempat mendapatkan perawatan, Oded tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.Oded meninggal dunia lantaran terindikasi mengalami serangan jantung.

Usai dinyatakan meninggal dunia, jenazah lalu dibawa ke Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum untuk selanjutnya di makamkan di kota kelahirannya, Tasikmalaya. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Bandung, Dadang Supriatna juga tampak melayat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung K.H Miftah Faridl sempat menjadi iman salah jenazah di Pendopo. K.H Miftah Faridl menyampaikan rasa kehilangan yang mendalam, bukan hanya Oded sebagai Walikota Bandung melainkan juga sebagai ulama.

"Kami merasakan kehilangan tokoh yang sangat baik, tokoh yang dekat dengan umat juga dekat dengan ulama. Beliau bukan hanya pimpinan daerah tapi juga ulama yang banyak berkiprah dalam kegiatan keagamaan," Ujar K.H Miftah Faridl.

"Beliau meninggal dalam keadaan yang sangat baik, saat sedang salat, saat menyebut nama Allah, di mesjid dan hari Jumat. Semoga kita dapat melanjutkan kebaikan beliau," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H.M Didi Turmudzi M.Si pun menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Wali Kota Bandung. Ia menyebut Oded sebagai sosok pemimpin yang merakyat.

"Keluarga besar Paguyuban Pasundan merasa kehilangan, inshaallah Mang Oded meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. eliau adalah sosok yang sederhana dan merakyat," ujarnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar