BI Tetapkan Biaya Transfer Antar Bank Turun Menjadi Rp 2500 per Transaksi

Selasa, 21 Desember 2021 09:41 WIB

Share
BI Tetapkan Biaya Transfer Antar Bank Turun Menjadi Rp 2500 per Transaksi
Ilustrasi Tarik Tunai (ist.)

Teras Bekasi - Bank Indonesia (BI) hari ini akan meluncurkan program sistem BI Fast Payment (BI-FAST) tahap pertama. Sistem ini akan membuat biaya transfer antar bank jadi lebih murah yakni hanya Rp2.500/transaksi.

Berdasarkan agenda Bank Indonesia, peluncuran BI-Fast akan dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada Selasa (21/12/2021) pada pukul 09.00 WIB.

Dengan sistem ini, akan memudahkan para nasabah khususnya para pelaku industri, ritel, dan UMKM agar lebih efisien dalam melakukan transaksi antar bank secara online.

Hal ini menjadikan masyarakat tidak perlu menunda pembayaran dengan datang ke kantor bank, melainkan biaya admin yang akan ditetapkan BI akan diturunkan menjadi Rp 2.500.

Untuk diketahui, pada tahap awal di Desember 2021, BI akan fokus mengimplementasikan BI Fast pada layanan transfer kredit individual. 

Ke depan, layanan ini akan diperluas oleh bank sentral secara bertahap yang meliputi layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment. 

Berikut 22 bank yang akan terintegrasi pada sistem BI Fast pada tahap awal:

1. BTN

11. BNI

2. DBS Indonesia

Halaman
1 2 3 4 5 6
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
© terasbekasi.poskota.co.id