Terjadi Lagi! Pesawat Sky Ranger 912 Milik FASI Jatuh di Cibubur

Senin, 31 Januari 2022 09:37 WIB

Share
Terjadi Lagi! Pesawat Sky Ranger 912 Milik FASI Jatuh di Cibubur
Ilustrasi Pesawat Kecil (ist.)

Teras Bekasi - Sebuah pesawat Sky Ranger 912 milik Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) jatuh di lokasi bumi perkembahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (30/1/2022) pagi kemarin.

Kejadian tersebut diketahui sekira pukul 08.00 WIB. Dalam insiden tersebut, pesawat berawak dua orang tersebut rusak akibat menabrak pohon pisang.

“Pesawat tersebut terbang dari Lapangan Terbang Olahraga Dirgantara (Laptera) yang ada di dalam perkemahan Cibubur,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (30/1).

Budi Waseso mengemukakan, kecelakaan tersebut merupakan kali ketiga yang terjadi dalam kurun waktu 12 bulan di Kawasan Perkemahan Cibubur.

Kali pertama, pesawat trike terjatuh di ujung landasan. Selanjutnya, helikopter Robinson jatuh di Danau Cibubur. Peristiwa ketiga, jatuhnya pesawat Sky Ranger FASI ini di lokasi Perkemahan Cibubur.

Meski begitu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum mengumumkan hasil penyelidikan kasus jatuhnya helikopter Robinson di Danau Cibubur.

Namun Budi mengemukakan, KNKT perlu mengumumkan hasil penyelidikan agar kasus yang sama tidak terulang lagi dan bisa menimbulkan banyak korban jiwa.

Terlebih, wilayah sekitar Laptera dikelilingi oleh rumah penduduk, termasuk perumahan karyawan staf Kwarnas yang berlokasi di samping Lantera, pom bensin, mal, jalan Tol Jagorawi, dan fasilitas publik lainnya.

“Pengelola Laptera dan KNKT perlu memberi penjelasan ke masyarakat soal musibah ini,” ucap dia.

Sementara, Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono menyatakan, pihaknya tidak turun tangan terkait kasus jatuhnya pesawat Sky Ranger.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar